SALURAN KOMUNIKASI POLITIK


Pengertian
Saluran komunikasi politik adalah alat serta sarana yang memudahkan penyampaian pesan. Dilihat secara luas saluran komunikasi itu terdiri atas lambang-lambang, kombinasinya, dan berbagai tekhnik serta media yang digunakan untuk berbicara pada khalayak. Lambang itu yaitu seperti kata, gambar, dan tindakan. Kombinasi lambang menghasilkan cerita, foto, dan drama. Komunikator menyampaikan bentuk-bentuk simbolik dan kombinasinnya ini dengan berbagai tekhnik dan media. Secara lisan melalui perbincangan personal, melalui cetakan seperti koran, dan majalah, dan dengan tekhnik elektronik seperti radio ataupun televisi.
Menurut pendapat Kenneth Burke, bahwa saluran adalah ciptaan makhluk pemakai lambang untuk melancarkan saling tukar pesan. Akan tetapi saluran tersebut sebenarnya mencakup lebih dari alat, sarana, dan mekanisme seperti mesin cetak, radio, telephon, atau komputer. Yang harus lebih diutamakan adalah dari semua saluran tersebut, saluran yang ditemukan ialah manusia sendiri. Dengan mengingat bahwa manusia adalah saluran dan juga sumber serta penerima dalam komunikasi, maka yang pertama-tama kita tekankan ialah saluran manusia bagi komunikasi politik. Namun kita tidak akan mengabaikan media mekanis, tekhnik, dan sarana yang meningkatkan konstruksi citra manusia melalui saling tukar menukar lambang, yakni untuk memudahkan, tetapi bukan untuk menjamin ketepatan. Sebaliknya bila dipikrkan bahwa pada dasarnya manusia,”maka saluran komunikasi itu lebih daripada sekedar titik sambungan, tetapi terdiri atas pengertian bersama tentang siapa dapat berbicara kepada siapa, mengenai apa, dalam keadaan bagaimana, sejauh mana dapatnya dipercaya”
Tipe saluran
1.      Komunikasi massa
Ada dua bentuk saluran komunikasi massa, masing2 berdasarkan tingkat langsungnya komunikasi satu-kepada banyak, yaitu :
a.       komunikasi tatap muka
contonya seperti apabila seorang kandidat politik berbicara di depan rapat umum atau ketika seorang presiden muncul didepan khalayak besar reperter dalam konferensi pers.
b.      Komunikasi dengan perantara
Bentuk yang kedua terjadi jika ada perantara ditempatkan diantara komunikator dan khalayak. Contohnya adalah pidato presiden ke seluruh negara(satu-kepada banyak) melalui televisi. Disini media, tekhnilogi, sarana, dan alat komunikasi lainnnya ikut serta.
2.      Komunikasi interpersonal
Yaitu merupakan bentukan dari hubungan satu-kepada satu. Saluran ini juga mempunyai dua bentuk penyampaian
a.       Saluran interpersonal tatap muka
Contohnya adalah seorang kandidat kepresidenan yang berjalan melalui orang banyak sambil berjabat tangan atau seorang kandidat lokal yang melakukan kunjungan dari rumah ke rumah di daerah pinggiran kota merupakan contoh saluaran interpersonal tatap muka.
b.      Saluran interpersonal tatap muka
Contonya adalah Gray Hayes, wanita pertama yang terpilih menjadi walikota sebuah kota besar yang berpenduduk lebih dari setengah juta orang melakukan kampanye pada tahun 1974, ia menggunakan sluran ini dengan memasang ”Hayes Hotline”, yaitu sambungan telephon langsung ke kantor kampanye nya yang memungkinkan orang berbicara secara pribadi kepadanya tentang masalah-masalah yang mendapat perhatiannya.

3.      Komunikasi organisasi
Menggabungkan penyampaiaan satu-kepada-satu dan satu-kepada banyak. Di komunikasi organisasi ini juga dibagi menjadi dua dalam proses penyampaiaanya, yaitu :
a.       Komunikasi organisasi tatap muka
Seorang presiden misalnya melakukan diskusi tatap muka dengan bawahannya yaitu anggota stafnya, atau kepala penasihatnya (sperti yang dilakukan oleh Presiden Richard Nixon dengan pada anggota gedung putih mengenai Peristiwa Watergate dari tahun 1972-1974). Akan tetapi, kebanyakan organisasi politik begitu besar sehingga komunikasi satu-kepada-satu dengan seluruh anggotanya mustahil bisa dilakukan.
b.      Komunikasi organisasi berperantara
Solusi yang dapat diatasi pada kasus  Komunikasi organisasi tatap muka adalah melalui Komunikasi organisasi berperantara satu-kepada-banyak ini didalam organisasi yaitu: pengedaran memorandum, sidang, konvensi(seperti misalnya konvensi empat tahunan nominasi kepresidenan pada partai demokrat dan partai republik), buletin dan laporan berkala intern, dan lokakarya

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan