Turki Utsmani


A.    Sejarah Berdirinya Kerajaan
1.      Didirikan oleh Utsman (putera Ertoghrul) yang memerintah pada 1290-1326 M.
2.      Keluarga Utsman adalah bangsa Turki yang berdiam di daerah Asia Tengah. Karena tekanan bangsa Mongol mereka lari dan bergabung dengan Kerajaan Turki Seljuk.
3.      Ketika kerajaan Turki Seljuk kalah dari bangsa Mongol, keluarga Utsmani mendeklarasikan berdirinya kerajaan Turki Utsmani.

B.     Lima Periode Kekuasaan Utsmani
1.      Periode I(1299-1402) :pertumbuhan dan perkembangan kekuasaan yang disusul dengan perluasan wilayah hingga menyeberang ke daratan Eropa. Kekuatan Timur Lenk kemudian dapat membendung langkah maju Turki Utsmani, di mana mereka dapat merebut wilayah Timur kerajaan pada 1402.
2.      Periode ke II (1403-1566). Masa transisi; anak-anak Bayazid berebut kekuasaan, sampai akhirnya dikuasai penuh oleh Muhammad. Muhammad al-Fatih menaklukan Konstantinopel pada 1453, sementara Salim menaklukan Mesir pada 1517
3.      Periode ke III (1566-1703). Hanya bertahan dan tidak terjadi perluasan wilayah; bahkan ada wilayahnyayang sudah jatuh (seperti Hongaria) ke pihak musuh.
4.      Periode ke IV (1703-1839) masa kemunduran.
5.      Periode ke V (1839-1924) terjadi modernisasi sampai kemudian jatuh pada 1924. Berdirilan Republik Islam Turki.

C.     Kemajuan-Kemajuan Turki Usmani
1.      Bidang Kemiliteran dan Pemerintahan
a.       Mengorganisasi taktik, strategi tempur dan kekuatan militer dengan baik  dan teratur. Sehingga terbentuklah kesatuan militer yang disebut dengan Jenissari atau Inkisyariah.
b.      Membuat struktur pemerintahan dengan kekuasaan tertinggi di tangan Sultan yang dibantu oleh Perdana Menteri yang membawahi Gubernur.
c.       Gubernur mengepalai daerah tingakat I. Di bawahnya terdapat beberapa bupati. Untuk mengatur urusan pemerintahan Negara.
d.      Di masa Sultan Sulaiman I dibuatlah UU yang diberi nama Multaqa Al-Abhur, yang menjadi pegangan hukum bagi kerajaan Usmani sampai datangnya reformasi pada abad ke-19.
2.      Bidang Ilmu Pengetahuan dan Budaya
a.       Organisasi pemerintahan dan kemiliteran banyak diserap dari Bizantium. Dan ajaran tentang prinsip-prinsip ekonomi, sosial dan kemasyarakatan, keilmuan dan huruf diambil dari Arab.
b.      Dalam bidang Ilmu Pengetahuan di Turki Usmani tidak begitu menonjol karena mereka lebih memfokuskan pada kegiatan militernya, sehingga dalam khasanah Intelektual Islam tidak ada Ilmuan yang terkemuka dari Turki Usmani.
3.      Bidang Keagamaan
a.       Fatwa ulama menjadi hukum yang berlaku
b.      Para Mufti menjadi pejabat tertinggi dalam urusan agama dan beliau mempunyai wewenang dalam memberi fatwa resmi terhadap problem keagamaan yang terjadi dalam masyarakat.
Kemajuan-kemajuan yang diperoleh kerajaan Turki Usmani tersebut tidak terlepas daripada kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, antara lain:
1.      Mereka adalah bangsa yang penuh semangat, berjiwa besar dan giat.
2.      Mereka memiliki kekuatan militer yang besar.
3.      Mereka menghuni tempat yang sangat strategis, yaitu Constantinopel yang berada pada tititk temu antara Asia dan Eropa (Al Nadwi, 1987:244).
4.      Keberanian, ketangguhan dan kepandaian taktik yang dilakukan olah para penguasa Turki Usmani sangatlah baik, serta terjalinnya hubungan yang baik dengan rakyat kecil.




D.    Kemunduran Turki Usmani
Kemunduran Turki Usmani terjadi setelah wafatnya Sulaiman Al-Qonuni. Hal ini disebabkan karena banyaknya kekacauan yang terjadi setelah Sultan Sulaiman meninggal
diantaranya perebutan kekuasaan antara putera beliau sendiri. Para pengganti Sulaiman
sebagian besar orang yang lemah dan mempunyai sifat dan kepribadian yang buruk. Juga
karena melemahnya semangat perjuangan prajurit Usmani yang mengakibatkan kekalahan dalam mengahadapi beberapa peperangan. Ekonomi semakin memburuk dan sistem pemerintahan tidak berjalan semestinya.
Selain faktor diatas, ada juga faktor-faktor yang menyebabkan kerajaan Usmani
mengalami kemunduran, diantaranya adalah :
1.      Wilayah Kekuasaan yang Sangat Luas
2.      Heterogenitas Penduduk
3.      Kelemahan para Penguasa
4.      Budaya Pungli
5.      Pemberontakan Tentara Jenissari
6.      Merosotnya Ekonomi
7.      Terjadinya Stagnasi dalam Lapangan Ilmu dan Teknologi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan